29 Juli 2010

Tipe Peminum Kopi Menurut Andrea Hirata

http://www.blueorangeimages.com/AndreaHirata/images/andrea_cover_02.jpg

Andrea Hirata dalam novel terbarunya Cinta di Dalam Gelas mengelompokkan orang (Melayu) berdasarkan kopi yang biasa mereka minum. Berikut tipe-tipenya:

1.Player
Orang bertipe player biasanya meminum kopi pahit. Makin pahit kopinya, makin berliku petualangan hidupnya. Mereka tidak beruntung hampir di setiap bagian hidupnya. Kadang kala mereka menang namun kemudian kalah tersuruk-suruk, jika meminjam istilah Andrea Hirata. Mereka jatuh, bangun, jatuh, dan bangun lagi.

2. Safety Player
Orang yang bertipe safety player meminum kopi, gula, dan susu dengan takaran proporsional. Mereka adalah pegawai kantoran yang bekerja rutin dan berirama hidup itu-itu saja. Kelompok anti perubahan ini telah berada dalam zona nyaman dan telah kimpoi dengan seseorang bernama bosan. Proporsi gula, kopi dan susu itu mencerminkan kepribadian mereka yang sungkan mengambil risiko. Tanpa sadar, kenyamanan itu membuat waktu, detik demi detik, menelikung mereka.

3. Semi-player
Kelompok berikutnya adalah orang dengan ciri-ciri kopi 4 sendok ditambah gula setengah sendok.. Orang-orang dalam kelompok ini merupakan ahli dalam bidangnya. Mereka bertangan dingin dan penuh perhitungan. Mereka adalah pencinta yang romantis.

4. Ex-player
Kelompok ini memerlukan takaran susu lebih banyak. Mereka umumnya bermasalah dalam kehidupan rumah tangga.

5. Pengacau sistem politik
Mereka minum kopi dan hanya meminta sedikit gula, lalu setelah diberi gula, mengatakan terlalu manis atau kurang manis. Orang-orang tipe ini gampang dihasut, suaranya gampang dibeli dalam pemilu.

6. Penyia-nyia hidup
Orang yang sama sekali tidak minum kopi.





kaskus.us




0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Anda tinggalkan komentar anda,

Jika anda ingin meng'copy paste silahkan saja, karena ilmu adalah milik Allah SWT, Hanya saya meminta anda untuk menampilkan Link Sumber

Trimakasih Telah berkunjung, Salam Blogger

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites